Selasa, 04 Desember 2012

Mencari Ilmu


"Tholabul 'ilmi faridhotun 'alaa kulli muslimin wamuslimatin" (Hadits Rasulullah SAW).
itulah sepenggal hadits yang telah disabdakan oleh baginda Rasulullah SAW untuk memotivasi umatnya untuk terus mencari ilmu, mencari ilmu merupakan kewajiban bagi umat muslim karena dengan ilmu seseorang akan mampu menguasai dunia, dengan ilmu seseorang dapat membeli surga. Dari pernyataan tersebut tampak bahwa ilmu mempunyai suatu substansi yang berpengaruh bagi pemiliknya.  
Dalam kitab Ta'lim Muta'alim ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh para pencari ilmu yang tertulis dalam syi'irnya yaitu:
Alala tanalul 'ilmaila bisitatin saunbika 'amajmu'iha bibayani : dzukaun wa khirsin wastikbarin wabulghotin, wairsyadi ustadzin, wa tuuli zamanin.. in java language (Elingo nda hasil ilmu anging nem perkoro bakal tha critake kumpule dadi pertelo : rupane limpad, lubo,sabar ana sangune lan piwulange guru lan sing suwe mangsane). 
artinya: ingatlah bahwa mencari ilmu tidak akan berhasil kecuali dengan enam hal yang akan dipaparkan secara jelas: cerdas, semangat/rajin, sabar, ada bekalnya, bimbingan guru, dan  waktu yang efektif.
dengan menerapkan syarat-syarat di atas diharapkan kita semua dapat mendapatkan ilmu yang dapat diamalkan dan diajarkan kepada orang lain sehingga ilmu kita menjadi bermanfaat selama kita hidup bahkan sampai kita mati pahala yang didapat dari ilmu yang bermanfaat akan selalu terus mangalir.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar